Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Jumat, 08 Oktober 2010

MASUK DAN BERKEMBANGNYA BUDAYA HINDU DI INONESIA


Indonesia adalah negara kepuauan yang terletak di jalur pelayaran antara dunia Barat dan Timur. Indonesia tak dapat enghindar dari pengaruh yang datang dari luar. Pada masa itu,pelayaran da perdagangan di asia semakin ramai setelah di temukan rute melalui laut antara Romawi dan Cina. Rute ini medorong munculnya hubungan dagang di daerah-daerah yang dilalui, termasuk Indonesia. Hal ini didukung dengan pola angin musim yang berubah setiap enam bulan sekali, yang memebuat kapal-kapal singgah di indonesia dalam waktu yang cukup lama. Sejak itu pula,terjadilah hubungan dagang antara India, Indonesia dan Cina.
Melalui hubungan tersebut, kebudayaan-kebudayaan asing seperti kebudayaan India berkembang di Indonesia. Di antaranya adalah agama Hindu dan Buddha yang banyak di anut oleh pedagang India yang datang ke Indonesia. Kedua agama ini kemudian dianut oleh raja-raa di Indonesia, hingga akhirnya mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat di Indonesia. Hubungan dengan India membawa pengaruh penting bagi kebudayaan Pallawa yang membawa indonesia memasuki zaman Aksara.
Agama Hindu berkembang di India sekitar tahun 1500 SM. Agama ini tumbuh bersamaan dengan masuknya bangsa Arya ke India.Kedatangan bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India mendesak keberadaan penduduk India asli,yaitu bangsa Dravida dn bangsa Munda yang telah lebih dahulu berada di kota-kota Mohenjo Daro (Larkana) dan Harappa (Punjab). Kitab suci agama Hindu adalah Veda,yang terdiri dari empat bagian:
a.Rig-Veda yang merupakan kitab tertua, ditulis antara tahun 1500-900 SM.
b.Yayur-Veda yang berisi pedoman upacara pengorbanan .
c.Sama-Veda yang berisi pedoman doa-doa dan pujian.
d.Atharwa-Veda yang merupakan kumpulan mantram-mantram suci

0 komentar:

Poskan Komentar